Jumat, 03 Januari 2014

Kuesioner

Kuesioner berasal dari kata Questionnaire atau daftar pertanyaan. Dalam Bahasa Indonesia kuesioner juga dikenal dengan istilah angket. Kuesioner dalam penelitian adalahinstrument pengumpulan data atau informasi yang dioperasionalisasikan dalam bentuk item pertanyaan atau pernyataan yang dibuat oleh peneliti untuk disebarkan kepada responden. Item pertanyaan atau pernyataan yang dibuat berdasarkan indikator pada definisi operasional yang dapat menjabarkan variabel-variabel yang akan diteliti. Merancang kuesioner sebaiknya menggunakan bahasa yang sopan dan mudah dipahami oleh semua responden.
Kuesioner yang saya amati guna memenuhi tugas softskill metode penelitian adalah mengenai kepuasaan Tamu Hotel Bumi Asih Pangkalpinang atas pelayanan dan kualitas pelayan Hotel Bumi Asih Pangkalpinang yang selanjutnya akan dianalisis. Kuesioner ini berisi 21 pertanyaan dan lembar identitas tamu. Terdapat pula petunjuk dalam menjawab pertanyaan kuesoner yang ada.
KUESIONER

Mohon kesediaan Bapak/Ibu/Saudara/Saudari Tamu Hotel Bumi Asih Pangkalpinang untuk mengisi daftar pernyataan di bawah ini dengan memberikan tanda centang (√) pada kolom yang tersedia sesuai dengan keadaan yang Bapak/Ibu/Saudara/Saudari rasakan yang sesungguhnya. Besar harapan saya kiranya jawaban yang Bapak/Ibu/Saudara/Saudari berikan seobyektif mungkin karena sangat membantu keakuratan data dari penelitian ini.

II.     Memberikan Jawaban dari Pernyataan yang Tersedia
Untuk pernyataan-pernyataan berikut ini, Bapak/Ibu/Saudara/Saudari dipersilahkan untuk memberikan jawaban dengan mengisi tanda centang (√) pada skala 1 – 5 dalam kolom jawaban yang sudah tersedia dengan pilihan sebagai berikut :
1.      Sangat Tidak Setuju (STS)                  4. Setuju (S)
2.      Tidak Setuju (TS)                                5. Sangat Setuju (SS)
3.      Netral (N)

A.      Dimensi Pelayanan Prima Pramugraha (X)
No.
Pernyataan
Pilihan Jawaban
1
2
3
4
5
STS
TS
N
S
SS
a.
Kemampuan (Ability)  (X1)
1.
Pramugraha (Room boy/Room maid/Pelayan Kamar) Hotel Bumi Asih Pangkalpinang mampu  menyiapkan kamar yang Bapak/Ibu/ Saudara/Saudari tempati dengan cekatan, teliti, bersih, rapi, indah dan nyaman.
2.
Pramugraha (Room boy/Room maid/Pelayan Kamar) Hotel Bumi Asih Pangkalpinang mampu memberikan layanan housekeepingyang prima atas segala keperluan yang Bapak/Ibu/ Saudara/Saudari butuhkan.
3.
Pramugraha (Room boy/Room maid/Pelayan Kamar) Hotel Bumi Asih Pangkalpinang mampu berkomunikasi dengan baik dan efektif ketika melayani Bapak/Ibu/ Saudara/Saudari.
b.
Sikap (Attitude) (X2)
1.
Pramugraha (Room boy/Room maid/Pelayan Kamar Hotel Bumi Asih Pangkalpinang sabar dalam menyiapkan kamar dan memberikan layanan housekeeping atas segala keperluan yang Bapak/Ibu/Saudara/Saudari butuhkan selama menginap di hotel.
2.
Pramugraha (Room boy/Room maid/Pelayan Kamar) Hotel Bumi Asih Pangkalpinang selalu menyapa dengan sikap yang ramah, sopan dan santun ketika bertemu dengan Bapak/Ibu/ Saudara/ Saudari.
3.
Pramugraha (Room boy/Room maid/Pelayan Kamar) Hotel Bumi Asih Pangkalpinang bersikap rendah hati dalam berinteraksi dengan Bapak/Ibu/ Saudara/Saudari selama menginap di hotel.
c.
Penampilan (Appearance) (X3)
1.
Pramugraha (Room boy/Room maid/Pelayan Kamar) Hotel Bumi Asih Pangkalpinang mempunyai kebiasaan memakai sepatu,uniform (seragam) yang rapi, bersih dan serasi, serta tidak memakai perhiasan atau aksesoris yang berlebihan selama menjalankan tugas.
2.
Pramugraha (Room boy/Room maid/Pelayan Kamar) Hotel Bumi Asih Pangkalpinang selalu berambut rapi, bersih, tidak berbau badan dan mulut selama melaksanakan tugas.
3.
Pramugraha (Room boy/Room maid/Pelayan Kamar) Hotel Bumi Asih Pangkalpinang selalu berwajah ceria dan menyenangkan.
d.
Perhatian (Attention) (X4)
1.
Pramugraha (Room boy/Room maid/Pelayan Kamar) Hotel Bumi Asih Pangkalpinang selalu merespon setiap kebutuhan dan keinginan layanan housekeeping yang Bapak/Ibu/ Saudara/Saudari kehendaki selama menginap di hotel.
2.
Pramugraha (Room boy/Room maid/Pelayan Kamar) Hotel Bumi Asih Pangkalpinang cepat dalam menindaklanjuti setiap kebutuhan dan keinginan Bapak/Ibu/Saudara/Saudari selama menginap di hotel.
3.
Pramugraha (Room boy/Room maid/Pelayan Kamar) Hotel Bumi Asih Pangkalpinang sangat peduli terhadap keluhan, kritikkan dan saran dari Bapak/Ibu/Saudara/Saudari.
e.
Tindakan (Action) (X5)
1.
Kamar yang Bapak/Ibu/Saudara/Saudari tem-pati selama menginap di hotel Bumi Asih Pangkalpinang dalam keadaan bersih, rapi, indah, nyaman dan menyenangkan.
2.
Seluruh peralatan dan perlengkapan kamar yang Bapak/Ibu/Saudara/Saudari tempati sela-ma menginap di Hotel Bumi Asih Pang-kalpinang dapat berfungsi dalam kondisi baik.
3.
Pramugraha (Room boy/Room maid/Pelayan Kamar) Hotel Bumi Asih Pangkalpinang memi-liki kehandalan dalam mengatasi permasalahan kamar yang timbul.
f.
Tanggung jawab (Accountability) (X6)
1.
Bapak/Ibu/Saudara/Saudari merasa terjamin akan keamanan barang bawaan milik sendiri yang diletakkan di dalam kamar selama menginap di Hotel Bumi Asih Pangkalpinang.
2.
Bapak/Ibu/Saudara/Saudari merasa aman dan nyaman menggunakan peralatan dan perleng-kapan kamar selama menginap di Hotel Bumi Asih Pangkalpinang.
3.
Bapak/Ibu/Saudara/Saudari merasa aman, nyaman dan menyenangkan berada di dalam kamar, sehingga terjamin dari segala resiko selama menginap di Hotel Bumi Asih Pangkal-pinang.


B.     Kepuasan Tamu (Y)

No.
Pernyataan
Pilihan Jawaban
1
2
3
4
5
STS
TS
N
S
SS
1.
Bapak/Ibu/Saudara/Saudari sungguh-sungguh merasa puas dengan kualitas kamar dan layanan housekeeping yang di sediakan oleh Hotel Bumi Asih Pangkalpinang, sehingga Bapak/Ibu/Saudara/Saudari akan datang kem-bali untuk menginap di hotel pada kesempatan di lain waktu.
2.
Bapak/Ibu/Saudara/Saudari sungguh-sungguh merasa puas dengan kualitas kamar dan layanan housekeeping yang di sediakan oleh Hotel Bumi Asih Pangkalpinang, sehingga Bapak/Ibu/Saudara/Saudari akan selalu men-jalin hubungan baik dengan hotel sebagai bentuk dari loyalitas tamu (pelanggan).
3.
Bapak/Ibu/Saudara/Saudari sungguh-sungguh merasakan kualitas kamar dan layananhousekeeping yang di sediakan oleh Hotel Bumi Asih Pangkalpinang sesuai dengan harga kamar yang ditawarkan sehingga Bapak/Ibu/ Saudara/Saudari akan bercerita kepada orang lain sebagai bentuk rekomendasi dari mulut ke mulut.

Analisis yang dilakukan terhadap kuesioner yang diamati berupa analisis mengenai sumber data (apakah data primer atau sekunder, apakah data time series atau cross section,  apakah data kualitatif atau kuantitatif), kerangka sampel, unit sampel, penentuan ukuran sampel, metode pemilihan sampel sampai dan skala pengukuran. Berikut dibawah ini merupakan analisis dari pengamatan yang diamati.
1.                  Data pada kuesioner merupakan data primer, sebab data  dikumpulkan langsung oleh peneliti.
2.                  Data pada kuesioner merupakan data cross section, karena bab data dikumpulkan pada suatu waktu tertentu dengan tujuan menggambarkan keadaan.       Tidak digunakan dalam waktu yang berkelanjutan (terus-menerus).
3.                  Data pada kuesioner merupakan data kualitatif, karena data tidak berupa bilangan melainkan kalimat yang berisikan instruksi dalam menjawab pertanyaan, seperti sangat tidak setuju, setuju, dan sebagainya.
4.                   Penelitian pada kuesioner termasuk penelitian kuantitatif. Sebab penelitian mengacu pada context of justification, pada dasarnya menguji teori yang berkaitan dengan masalah penelitian memlaui kerangka berpikir yang dirumuskan dalam hipotesis penelitian.
5.                  Kerangka sampel pada kuesioner ditargetkan pada Tamu Hotel Bumi Asih Pangkalpinang.
6.                  Unit sampel pada kuesioner dibagi dalam 3 tahap. Total kuesioner sebanyak 160 kuesioner yang dibagi 3 tahap. Tahap pertama 70 kuesioner, tahap kedua 50 kuesioner dan tahap ketiga 40 kuesioner.
7.                   Penentuan ukuran sampel pada kuesioner sebesar 90%. Peneliti yakin bahwa 90% data yang ada dapat terpenuhi dengan toleransi 10%.
8.                  Metode pemilihan sampel pada kuesioner ini yaitu probabilitas, karena dalam pemilihan sampel dilakukan secara acak.
9.                  Skala pengukuran dalam kuesioner ini berupa skala nominal, karena menyatakan dalam kelompok seperti pada pengisian identitas respponden.
10.              Skalapengukurannya  juga dapat disebut skala likert karena dalam kuesioner juga terdapat petunjuk dalam menjawab, seperti sangat tidak setuju, setuju, dan lain sebagainya.
11.              Teknik pengumpulan data pada kuesioner secara instrumen dengan bentuk kuesioner.


1 komentar: