Kuesioner
berasal dari kata Questionnaire atau daftar pertanyaan. Dalam Bahasa
Indonesia kuesioner juga dikenal dengan istilah angket. Kuesioner dalam
penelitian adalahinstrument pengumpulan data atau informasi yang
dioperasionalisasikan dalam bentuk item pertanyaan atau pernyataan yang dibuat
oleh peneliti untuk disebarkan kepada responden. Item pertanyaan atau
pernyataan yang dibuat berdasarkan indikator pada definisi operasional yang
dapat menjabarkan variabel-variabel yang akan diteliti. Merancang kuesioner
sebaiknya menggunakan bahasa yang sopan dan mudah dipahami oleh semua
responden.
Kuesioner yang
saya amati guna memenuhi tugas softskill metode
penelitian adalah mengenai kepuasaan Tamu Hotel Bumi Asih Pangkalpinang atas
pelayanan dan kualitas pelayan Hotel Bumi Asih Pangkalpinang yang selanjutnya
akan dianalisis. Kuesioner ini berisi 21 pertanyaan dan lembar identitas tamu.
Terdapat pula petunjuk dalam menjawab pertanyaan kuesoner yang ada.
KUESIONER
Mohon
kesediaan Bapak/Ibu/Saudara/Saudari Tamu Hotel Bumi Asih Pangkalpinang untuk
mengisi daftar pernyataan di bawah ini dengan memberikan tanda centang (√) pada
kolom yang tersedia sesuai dengan keadaan yang Bapak/Ibu/Saudara/Saudari rasakan
yang sesungguhnya. Besar harapan saya kiranya jawaban yang
Bapak/Ibu/Saudara/Saudari berikan seobyektif mungkin karena sangat membantu
keakuratan data dari penelitian ini.
II. Memberikan Jawaban
dari Pernyataan yang Tersedia
Untuk pernyataan-pernyataan berikut
ini, Bapak/Ibu/Saudara/Saudari dipersilahkan untuk memberikan jawaban dengan
mengisi tanda centang (√) pada skala 1 – 5 dalam kolom jawaban yang sudah
tersedia dengan pilihan sebagai berikut :
1. Sangat Tidak Setuju
(STS)
4. Setuju (S)
2. Tidak Setuju
(TS)
5. Sangat Setuju (SS)
3. Netral (N)
A. Dimensi Pelayanan Prima Pramugraha (X)
No.
|
Pernyataan
|
Pilihan
Jawaban
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
STS
|
TS
|
N
|
S
|
SS
|
||
a.
|
Kemampuan
(Ability) (X1)
|
|||||
1.
|
Pramugraha (Room boy/Room maid/Pelayan Kamar)
Hotel Bumi Asih Pangkalpinang mampu menyiapkan kamar yang Bapak/Ibu/
Saudara/Saudari tempati dengan cekatan, teliti, bersih, rapi, indah dan
nyaman.
|
|||||
2.
|
Pramugraha (Room boy/Room maid/Pelayan Kamar)
Hotel Bumi Asih Pangkalpinang mampu memberikan layanan housekeepingyang
prima atas segala keperluan yang Bapak/Ibu/ Saudara/Saudari butuhkan.
|
|||||
3.
|
Pramugraha (Room boy/Room maid/Pelayan Kamar)
Hotel Bumi Asih Pangkalpinang mampu berkomunikasi dengan baik dan efektif
ketika melayani Bapak/Ibu/ Saudara/Saudari.
|
|||||
b.
|
Sikap (Attitude)
(X2)
|
|||||
1.
|
Pramugraha (Room boy/Room maid/Pelayan Kamar
Hotel Bumi Asih Pangkalpinang sabar dalam menyiapkan kamar dan memberikan
layanan housekeeping atas segala keperluan yang
Bapak/Ibu/Saudara/Saudari butuhkan selama menginap di hotel.
|
|||||
2.
|
Pramugraha (Room boy/Room maid/Pelayan Kamar)
Hotel Bumi Asih Pangkalpinang selalu menyapa dengan sikap yang ramah, sopan
dan santun ketika bertemu dengan Bapak/Ibu/ Saudara/ Saudari.
|
|||||
3.
|
Pramugraha (Room boy/Room maid/Pelayan Kamar)
Hotel Bumi Asih Pangkalpinang bersikap rendah hati dalam berinteraksi dengan
Bapak/Ibu/ Saudara/Saudari selama menginap di hotel.
|
|||||
c.
|
Penampilan
(Appearance) (X3)
|
|||||
1.
|
Pramugraha (Room boy/Room maid/Pelayan Kamar)
Hotel Bumi Asih Pangkalpinang mempunyai kebiasaan memakai sepatu,uniform (seragam)
yang rapi, bersih dan serasi, serta tidak memakai perhiasan atau aksesoris
yang berlebihan selama menjalankan tugas.
|
|||||
2.
|
Pramugraha (Room boy/Room maid/Pelayan Kamar)
Hotel Bumi Asih Pangkalpinang selalu berambut rapi, bersih, tidak berbau
badan dan mulut selama melaksanakan tugas.
|
|||||
3.
|
Pramugraha (Room boy/Room maid/Pelayan Kamar)
Hotel Bumi Asih Pangkalpinang selalu berwajah ceria dan menyenangkan.
|
|||||
d.
|
Perhatian
(Attention) (X4)
|
|||||
1.
|
Pramugraha (Room boy/Room maid/Pelayan Kamar)
Hotel Bumi Asih Pangkalpinang selalu merespon setiap kebutuhan dan keinginan
layanan housekeeping yang Bapak/Ibu/ Saudara/Saudari
kehendaki selama menginap di hotel.
|
|||||
2.
|
Pramugraha (Room boy/Room maid/Pelayan Kamar)
Hotel Bumi Asih Pangkalpinang cepat dalam menindaklanjuti setiap kebutuhan
dan keinginan Bapak/Ibu/Saudara/Saudari selama menginap di hotel.
|
|||||
3.
|
Pramugraha (Room boy/Room maid/Pelayan
Kamar) Hotel Bumi Asih Pangkalpinang sangat peduli terhadap keluhan,
kritikkan dan saran dari Bapak/Ibu/Saudara/Saudari.
|
|||||
e.
|
Tindakan (Action)
(X5)
|
|||||
1.
|
Kamar yang Bapak/Ibu/Saudara/Saudari tem-pati selama
menginap di hotel Bumi Asih Pangkalpinang dalam keadaan bersih, rapi, indah,
nyaman dan menyenangkan.
|
|||||
2.
|
Seluruh peralatan dan perlengkapan kamar yang
Bapak/Ibu/Saudara/Saudari tempati sela-ma menginap di Hotel Bumi Asih
Pang-kalpinang dapat berfungsi dalam kondisi baik.
|
|||||
3.
|
Pramugraha (Room boy/Room maid/Pelayan Kamar)
Hotel Bumi Asih Pangkalpinang memi-liki kehandalan dalam mengatasi
permasalahan kamar yang timbul.
|
|||||
f.
|
Tanggung
jawab (Accountability) (X6)
|
|||||
1.
|
Bapak/Ibu/Saudara/Saudari merasa terjamin akan
keamanan barang bawaan milik sendiri yang diletakkan di dalam kamar selama
menginap di Hotel Bumi Asih Pangkalpinang.
|
|||||
2.
|
Bapak/Ibu/Saudara/Saudari merasa aman dan nyaman
menggunakan peralatan dan perleng-kapan kamar selama menginap di Hotel
Bumi Asih Pangkalpinang.
|
|||||
3.
|
Bapak/Ibu/Saudara/Saudari merasa aman, nyaman dan
menyenangkan berada di dalam kamar, sehingga terjamin dari segala resiko
selama menginap di Hotel Bumi Asih Pangkal-pinang.
|
B. Kepuasan Tamu (Y)
No.
|
Pernyataan
|
Pilihan
Jawaban
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
STS
|
TS
|
N
|
S
|
SS
|
||
1.
|
Bapak/Ibu/Saudara/Saudari sungguh-sungguh merasa
puas dengan kualitas kamar dan layanan housekeeping yang di
sediakan oleh Hotel Bumi Asih Pangkalpinang, sehingga
Bapak/Ibu/Saudara/Saudari akan datang kem-bali untuk menginap di hotel pada
kesempatan di lain waktu.
|
|||||
2.
|
Bapak/Ibu/Saudara/Saudari sungguh-sungguh merasa
puas dengan kualitas kamar dan layanan housekeeping yang di
sediakan oleh Hotel Bumi Asih Pangkalpinang, sehingga
Bapak/Ibu/Saudara/Saudari akan selalu men-jalin hubungan baik dengan hotel
sebagai bentuk dari loyalitas tamu (pelanggan).
|
|||||
3.
|
Bapak/Ibu/Saudara/Saudari sungguh-sungguh merasakan
kualitas kamar dan layananhousekeeping yang di sediakan oleh
Hotel Bumi Asih Pangkalpinang sesuai dengan harga kamar yang ditawarkan
sehingga Bapak/Ibu/ Saudara/Saudari akan bercerita kepada orang lain sebagai
bentuk rekomendasi dari mulut ke mulut.
|
Analisis yang dilakukan
terhadap kuesioner yang diamati berupa analisis mengenai sumber data (apakah
data primer atau sekunder, apakah data time
series atau cross section, apakah data kualitatif atau kuantitatif), kerangka
sampel, unit sampel, penentuan ukuran sampel, metode pemilihan sampel sampai
dan skala pengukuran. Berikut dibawah ini merupakan analisis dari pengamatan
yang diamati.
1.
Data pada kuesioner merupakan
data primer, sebab data dikumpulkan
langsung oleh peneliti.
2.
Data pada kuesioner merupakan
data cross section, karena bab data
dikumpulkan pada suatu waktu tertentu dengan tujuan menggambarkan keadaan. Tidak digunakan dalam waktu yang
berkelanjutan (terus-menerus).
3.
Data pada kuesioner merupakan
data kualitatif, karena data tidak berupa bilangan melainkan kalimat yang
berisikan instruksi dalam menjawab pertanyaan, seperti sangat tidak setuju,
setuju, dan sebagainya.
4.
Penelitian pada kuesioner termasuk penelitian
kuantitatif. Sebab penelitian mengacu pada context of justification, pada
dasarnya menguji teori yang berkaitan dengan masalah penelitian memlaui
kerangka berpikir yang dirumuskan dalam hipotesis penelitian.
5.
Kerangka sampel pada
kuesioner ditargetkan pada Tamu Hotel Bumi Asih Pangkalpinang.
6.
Unit sampel pada
kuesioner dibagi dalam 3 tahap. Total kuesioner sebanyak 160 kuesioner yang
dibagi 3 tahap. Tahap pertama 70 kuesioner, tahap kedua 50 kuesioner dan tahap
ketiga 40 kuesioner.
7.
Penentuan ukuran sampel pada kuesioner sebesar
90%. Peneliti yakin bahwa 90% data yang ada dapat terpenuhi dengan toleransi 10%.
8.
Metode pemilihan sampel pada
kuesioner ini yaitu probabilitas, karena dalam pemilihan sampel dilakukan
secara acak.
9.
Skala pengukuran dalam
kuesioner ini berupa skala nominal, karena menyatakan dalam kelompok seperti
pada pengisian identitas respponden.
10.
Skalapengukurannya juga dapat disebut skala likert karena dalam
kuesioner juga terdapat petunjuk dalam menjawab, seperti sangat tidak setuju,
setuju, dan lain sebagainya.
11.
Teknik pengumpulan data pada
kuesioner secara instrumen dengan bentuk kuesioner.
Bagus kali kau jon.
BalasHapus